Sabtu, 21 Juli 2012

Buah dari Sebuah Pembicaraan

Secangkir kopi dan beberapa batang rokok sudah habis menghantar beberapa cerita kecil bersama seorang kawan. Suasana yang dulu sangat akrab di kehidupanku sehari-hari. Suasana yang begitu hangat dan begitu dirindukan. Ditemani dengan dinginnya angin malam yang seakan menusuk rongga persendian. Ditemani gonggongan anjing tetangga sebelah yang sesekali sangat memekakan telinga. Dan ditemani seekor anjing berjenis golden yang tertidur dengan pulasnya dibawah bangku.
Cerita-cerita yang keluar dariku dan dari dia seorang kawanku. Sebuah cerita yang tentunya bukanlah sekedar sebuah cerita tanpa makna. Namun cerita ini sarat dengan pengertian dan makna. Sebuah ungkapan jiwa, sebuah perasaan yang keluar dari hati. Kata-kata mulai keluar seiring secangkir kopi yang semakin surut isinya, dan berbatang-batang rokok yang semakin penuh memadati paru-paru. Seakan seperti buah yang sedikit-sedikit dikuliti hingga terlihat semua isinya. Cerita yang keluar benar-benar sudah tidak ada yang tertutupi. Semuanya terbuka lebar layaknya sebuah pintu yang sengaja dibuka si empunya rumah ketika ada tamu yang bertandang.
Malam ini bukanlah malam yang biasa saja, setelah melalui hari yang benar-benar yang kompleks. Hari yang benar-benar menguras mood. Seperti sebuah perjalanan ke suatu lembah yang harus naik dan harus turun, sama seperti mood hari ini yang dengan mudah untuk berubah. Sebuah hari yang benar-benar kompleks. Dan ditutup dengan sebuah malam yang bermakna. Bermakna, karena semua cerita yang keluar tidak lain tidak bukan masih tentang kamu. Yang selama ini cerita tentang kamu hanya duduk terdiam sendiri di sudut perasaanku. yang selama ini tidak bisa keluar dengan leluasa untuk bermain dan bercerita bersama yang lain. Namun malam ini semuanya keluar tanpa satupun yang terlewati.
Cerita ini memang begitu berliku dan sangat susah ditempuh hanya dengan kedipan mata atau membalik telapak tangan. Cerita ini begitu kompleks namun begitu indah. Ini bukan sekedar curhat, namun ini sharing. Sharing untuk mendapatkan solusi atas cerita-cerita yang berliku dan berkelok ini. Solusi untuk menjadi lebih indah dari sebelumnya. 
Semuanya sudah keluar dari mulut yang tidak ada henti-hentinya menghisap batang rokok dan meminum kopi. Seakan tanpa lelah bibir ini untuk berucap dan bercerita tentang kamu. Intinya adalah keterbukaan. Ya....hal ini sangat menjadi penting dari semua cerita tadi. Hal ini yang yang sangat diperlukan untuk tidak berdiam dan akan menjadi bom waktu. Hal ini sangat diperlukan untuk membuka tentang semuanya, baik itu buruk maupun baik. Dan hal ini sangat diperlukan untuk bisa menghargai satu dengan yang lain. Keterebukaan adalah titik awal dari sebuah proses untuk menuju sebuah proses di depan yang akan lebih memeras pikiran dan perasaan. Dan keterbukaan yang bisa dijadikan titik awal untuk memulai sebuah proses di depan. Karena hal ini bisa memusatkan pikiran kita pada sebuah pikiran, entah yang tentunya akan berbuah ke positive thinking. Hal ini sangat diperlukan jika kita tidak ingin orang lain akan menilai negativ apa yang sudah kita lakukan di belakang kita. Ya, keterbukaan adalah kunci dari cerita ini.


Dari aku yang akan selalu bercerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar